UPACARA KESAKTIAN PANCASILA KODIM 1417/KENDARI, WUJUD MENGENANG TRAGEDI NASIONAL

Kendari – Komandan Kodim 1417/Kendari Kolonel Kav Hendi Suhendi S.Sos.,M.Si bertindak sebagai Inspektur upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2019 yang di ikuti Prajurit kodim 1417/Kendari bertempat di lapangan Makodim 1417/Kendari Jalan Samratulangi No 128 Kemaraya Kota Kendari. Selasa (1/10/2019) Upacara peringatan kesaktian Pancasila 1 Oktober 2019 sebagai wujud mengenang tragedi Nasional yang kita kenal dengan sebutan G 30 S / PKI pada tahun 1965 yang mengakibatkan korban gugurnya enam Jenderal dan satu Perwira pertama TNI AD putra terbaik bangsa akibat kekejaman yang dilakukan PKI yang bertujuan mengganti idiologi Pancasila dengan idiologi Komunis.

Pada upacara tersebut selain pembacaan pembukaan UUD 1945 juga dibacakan ikrar sebagai pernyataan kebulatan tekad untuk tetap mempertahankan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila sebagai idioliogi dan sumber kekuatan menggalang kebersamaan untuk memperjuangkan, menegakkan kebenaran dan keadilan demi keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Dalam Ikrar tersebut menegaskan untuk memelihara semangat kebersamaan, yang dilandasi nilai nilai luhur Ideologi Pancasila, Agar bangsa Indonesia dapat memperkokoh tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Berbagai ronrongan baik dari dalam dan luar yang berupaya menumbangkan Pancasila *dan* diganti *sebagai* idiologi Negara, ketika bangsa Indonesia tidak bersatu, lengah dan kurang waspada.

Upacara di akhiri dengan pembacaan doa oleh Kapten Inf Arifudin, yang dalam doanya agar Hari kesaktian Pancasila ini di jadikan sebagai momentum untuk dapat merekatkan persatuan dan kesatuan, dan di jauhkan dari segala perselisihan dan perpecahan antar sesama bangsa Indonesia.

Turut hadir dalam upacara para pabung, perwira staf dan para Danramil.

About kodim1417

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.