Peran TNI dalam Mewujudkan Ketahanan pangan dan Ketahanan Nasional

http://kodim1417.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id, - Indonesia sebagai Negara agararis  memiliki kesuburan tanah yang sangat baik untuk pertanian. Lahan-lahan subur yang terbentang di wilayah Indonesia sebenarnya menjanjikan kondisi kehidupan yang layak dalam hal penyediaan pangan.

Berbagai cara dan upaya telah dilakukan pemerintah untuk mencari solusi dalam mewujudkan swasembada dan ketahanan pangan nasional. Tidak hanya melibatkan unsur pertanian itu sendiri tetapi juga melibatkan Tentara Nasional Indonesia TNI Khususnya Para Babinsa.

Keterlibatan TNI AD dalam ikut mendukung terwujudnya swasembada pangan nasional, semata-mata didasari pada amanat Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 34 Tahun 2004 tentang TNI, bahwa salah satu tugas TNI AD adalah pemberdayaan wilayah pertahanan di darat.

Salah satu wujud nyata seperti yang telah dilakukan di berbagai Kodam dengan melakukan gerakan secara serentak dan terstruktur di lapangan mulai jajaran Korem, Kodim, Koramil, hingga tingkat Babinsa, memberikan bimbingan teknis secara langsung kepada para petani.

Sistem pertahanan negara kita yang menganut sistem pertahanan rakyat semesta memungkinkan TNI AD ikut menyukseskan program ketahanan pangan yang dicanangkan oleh Presiden Jokowi.  Karena TNI AD juga memiliki tanggung jawab untuk kesejahteraan rakyat Indonesia sehingga terwujud rakyat yang kuat.  Dengan rakyat kuat tentu TNI kuat.

Pelibatan TNI AD Khususnya babinsa dalam menyukseskan program ketahanan pangan ini bukan berarti mengambil alih peran kementrian pertanian namun bersifat membantu agar program ketahanan pangan dapat berjalan dengan sukses,  mengingat TNI AD memiliki sumber daya yang besar baik personel maupun sarana dan prasarana yang mendukung untuk bidang pertanian.

Dalam konteks tersebut, maka TNI/TNI AD berkewajiban membangun ketahanan Nasional yang tangguh, untuk menghadapi berbagai ancaman, yang salah satunya adalah ikut mendukung terwujudnya ketahanan pangan Nasional.

 

About kodim1417

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.