PERKUAT PEMAHAMAN WASBANG DAN NILAI NILAI PANCASILA, DEMI KEUTUHAN PERSATUAN DAN KESATUAN NKRI

Kendari – Sebanyak 46 orang anggota Saka Wira Kartika Kodim 1417/Kendari, didampingi pamong Saka Kak FI. Marida, dan Kak Agus mendapatkan pembekalan Materi Wawasan Kebangsaan dan Pemahaman Nilai Nilai Pancasila oleh Pasi Wanwil Rem 143/Ho yang berlangsung di aula serba guna Makodim 1417/Kendari Jl Sam Ratulangi 128 Kemaraya, Kendari. Rabu (7/6/2017)

Pasi Wanwil Rem 143/Ho, Kapten Inf La Ode Fi'i  dalam penjelasannya mengungkapkan Wawasan Kebangsaan pada hakikatnya merupakan implementasi nilai-nilai yang bersumber dari 4 (empat) Pilar dasar, yaitu Pancasila, UUD Tahun 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika.

“Di tengah arus globalisasi dan proses demokrasi yang sedang berjalan saat ini, maka penguatan pemahaman nilai-nilai wawasan kebangsaan dan nilai nilai pancasila merupakan kebutuhan mutlak, utamanya bagi para generasi muda yang biasanya rentan terhadap pengaruh luar yang bertentangan dengan perilaku dan budaya bangsa,” tandasnya

“Selain itu generasi muda  sebagai penerus tercapainya cita-cita bangsa dan negara  merupakan  sumber daya manusia yang potensial dimasa yang akan datang.  Sebagai sumber insani dan potensi bangsa perlu dipersiapkan untuk berprestasi dan memberikan sumbangan nyata kepada pembangunan bangsa dan negara,” lanjutnya.

Dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara, menurut Pasi Wanwil, wawasan kebangsaan merupakan hal yang sangat penting untuk ditanamkan kepada setiap warga negara sebagai proses dalam pembentukan sikap moral agar memiliki kecintaan terhadap tanah airnya dalam memelihara kesinambungan perjalanan kehidupan bangsa, serta terpeliharanya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Bila pemahaman wawasan kebangsaan dan nilai nilai pancasila seluruh komponen bangsa meningkat, maka kuatlah keutuhan persatuan dan kesatuan NKRI. Karena secara sadar akan muncul semangat atau dorongan hati yang kuat untuk cinta tanah air, membela dan menjaga keutuhan NKRI sesuai bidang dan tatanan, kemampuan dan kewenangan bidang masing-masing,” tutupnya.

About kodim1417

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.