Babinsa Koramil 02 Wawotobi pimpin kerja bakti saluran irigasi

Lancarkan Aliran Air, Babinsa Pimpin Pembersihan Irigasi Tersier

Konawe Serda Gondong Afandi, Anggota Babinsa Koramil 02 Wawotobi, Kodim 1417/Kendari memimpin Pok Tani Tobimeita dalam pembersihkan saluran irigrasi Tersier di Desa. Ambuuwiu Kec. Wonggeduku Barat Kab. Konawe. (1/2)

 Saluran yang dibersihkan sepanjang 850 meter, Pembersihan saluran melibatkan 10 orang dari kelompok Tani Tobimeita. Menurut keterangan Babinsa, pembersihan saluran irigasi tersier tersebut sangat penting karena air sebagian tertutup lumpur dan semak-semak.

 “ Pembersihan bertujuan untuk melancarkan aliran air ke area persawahan sehingga pembagian air dapat terbagi dengan rata ketika memasuki musim tanam,” Ungkapnya

Menurutnya, sangat dibutuhkan lahan yang subur dan sumber air yang lancar untuk mengairi persawahan sehingga dapat menunjang dalam menyukseskan program swasembada pangan, khususnya di bidang pertanian.

Muji (40) salah satu petani mengatakan Kegiatan pembersihan saluran irigasi tersier ini adalah upaya babinsa dan para petani untuk melestarikan fungsi jaringan irigasi sehingga memerlukan kerja sama dalam pelestariannya.

Kehadiran babinsa ditengah-tengah para petani sangat dirasakan manfaatnya oleh para petani khususnya di Ambuuwiu.

Dia menambahkan, pendampingan Babinsa, sangat membantu para petani dalam mengatasi setiap permasalahan dilapangan, serta mendorong petani dalam meningkatkan hasil panen.

 

About kodim1417

Check Also

Tim Wasev TNI – AD Sambangi Pulau Konkep

Konkep-  Tim Pengawas Evaluasi (Wasev) Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 TA. 2020 dari …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

.