Dialog akhir tahun 2016, Pencegahan dan Penanganan Konflik Komunal pada Masyarakat

Kendari (kodim1417.kodam14hasanuddin-tniad.mil.id) – Forum Komunikasi Putra Putri Purnawiran ABRI (FKPPI) Kota Kendari menggelar dialog akhir tahun yang bertema “Pola Pencegahan dan Penanganan Konflik Komunal pada Masyarakat” berlangsung di Warkop Padaidi jln Abunawas kota Kendari. Rabu (28/12/2016)
Dialog akhir tahun ini menghadirkan  Narasumber Dandim 1417/KDI yang Diwakili Pabung Konsel, Mayor Inf Kamil Bc, Kakesbang Prov Diwakili Sekretaris Kesbang, Hamdani Piabang, S.E., dan Akademisi UHO.  Dr M. Najib Husain, S.Sos, M.Si.
Syahrani Ketua FKPPI Kota Kendari, mengatakan, tujuan utama dari dialog akhir tahun ini sebagai wadah komunikasi dan interaksi antar organisasi dan lembaga-lembaga yang ada di Sultra.
Selain itu untuk membangun kesadaran kolektif terhadap pentingnya harmonisasi lintas generasi di Sulawesi tenggara “Momentum akhir Tahun 2016 menjadi titik awal untuk memulai sesuatu yang baru tahun 2017 dan membangun semangat kebersamaan dalam menjaga keharmonisan lintas generasi di Kota Kendari khususnya dan Sultra pada umumnya,” ujar Syahrani

Sementara itu Pabung Konsel Kodim 1417/Kendari, Mayor Inf Kamil Bc sangat merespon positif dan mengapresiasi (FKPPI) Kota Kendari, dengan diselenggarakannya Dialog Pencegahan dan Penanganan Konflik Komunal pada Masyarakat.
Ia mengatakan Konflik komunal terjadi karena adanya ketidaksesuaian (disharmoni) kenyataan dengan harapan individu sehingga mengakibatkan adanya pergeseran nilai dan norma yang tidak tepat dalam kelompok sosial serta kecenderungan menyebabkan adanya ketidak percayaan pada kelompok komunal sehingga kearah yang lebih besar adanya alih fungsi  kepercayaan (dishedritasi) pada identitas komunal.
Salah satunya jalan untuk mencegah terjadinya provokasi yang memicu konflik komunal adalah hilangkan budaya provokasi, namun hal ini tidak akan mudah dilaksanakan dimasyarakat yang kompleks.” katanya
Komunikasi dan interaksi antar organisasi dan lembaga-lembaga serta semangat kebersamaan dalam menjaga keharmonisan lintas generasi di Kota Kendari yang sangat diperlukan untuk menyelesaikan suatu permasalahan masyarakat,” Tandasnya.

Tinggalkan balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Bidang yang harus diisi ditandai *

*