Satuan Jajaran Korem 143/Ho, Pembekalan Pembinaan Mental, dan Simulasi Nilai-Nilai Luhur Pancasila

Kendari – Guna mendukung pelaksanaan tugas pokok di satuan peran dan fungsi pembinaan mental merupakan bagian integral dalam melakukan pembinaan secara utuh sehingga Prajurit, Pns dan Persit dapat memiliki integritas moral.

Ratusan Personil Prajurit, Pns dan Persit Satuan Jajaran Korem 143/Ho, Pagi 08.00 wita menerima Pembinaan mental dan Sosialisasi Simulasi Pancasila, Sapta Marga, Sumpah Prajurit dan Panca Prasetya Korpri, dari Tim Bintalad Kolonel Caj Drs H. Risman dan Letkol Caj Drs Putu Japa bertempat diaula Serba Guna Makodim 1417/Kendari. Rabu (16/11).

Dalam sambutan Danrem 143/Ho yang dibacakan Kasi Ops Korem 143/Ho Letkol Inf Idris Hasan mengatakan pelaksanaan kegiatan kali ini memiliki manfaat yang sangat positif karena lewat kegiatan seperti ini kita dibekali tentang nilai-nilai Pancasila dengan harapan hal tersebut dapat diaktualisasikan dalam kehidupan sehari-hari sebagai generasi penerus bangsa.

bintal

Kolonel Caj Drs H. Risman, dalam sosialisasinya mengatakan  pembinaan mental bagi Prajurit, Pns dan Persit merupakan Proses pembinaan yang dilakukan dengan cara memberikan pengetahuan untuk menambah wawasan, serta menumbuhkan motivasi timbulnya perbuatan-perbuatan yang mencerminkan nilai-nilai luhur yang bernilai moral yang tinggi.

Ia mengatakan juga mengatakan sangat penting untuk mensosialisasikan nilai pengamalan pancasila kepada generasi muda kita, agar tetap solid dalam satu kesatuan yang tidak terpecah belah.

“ Bangsa kita beraneka ragam budaya, suku, Agama, yang dipersatukan dalam wadah Bhineka Tunggal Ika.” Ucapnya

“ Disamping itu kita sebagai bangsa Indonesia Harus toleransi sesama agama, jangan menghina atau melecehkan agama lain yang dapat menimbulkan gesekan atau konflik antar kelompok ,” Jelasnya

Usai pelaksanaan pembinaan mental, dilanjutkan Kegiatan simulasi dipimpin oleh Letkol Caj Drs Dewa Putu Japa (Disbintalad), membentuk kelompok dan mendiskusikan pertanyaan yang dipilih, para peserta aktif memberikan pendapatnya, Simulasi ini berjalan sangat menarik dan penuh antusias diikuti peserta, karena adanya adu pendapat antara peserta dan diakhiri pembulatan oleh nara sumber.

Dengan melalui fungsi pembinaan mental menjadi jaminan komitmen prajurit dan PNS TNI dan persit memiliki sendi-sendi yang kokoh, kode etik dalam pergaulan, kode kehormatan dalam perjuangan, kode moral dalam prilaku dan sistem nilai dalam tata kehidupan yang mantap.

About kodim1417

Check Also

Kegiatan Donor Darah Kodim 1417/Kendari Bersama PMI sultra

Kendari- Dalam rangka memperingati HUT RI ke-75 Tahun 2020, Kodim 1417/ Kendari menggelar bakti sosial …

.