Warga Kec. Lalembuu Kab. Konsel dapat pemberian Obat pencegahan penyakit kaki gajah

Konsel –   Sebanyak 700 orang Kec. Lalembuu Kab. Konsel dari berbagai lapisan masyarakat , mengikuti pemberian Obat pencegahan penyakit kaki gajah dengan tema “PENCANANGAN PEMBERIAN OBAT PENCEGAHAN MASSAL (POPM)  PENYAKIT FILARIASIS/KAKI GAJAH yang dilaksanakan Pemda Konsel dengan Dinkes Prov. Sulawesi Tenggara. (18/10/2016)

Pelaksanaan bulan eliminasi kaki gajah (Belkaga) yang dicanangkan dengan memberikan POPM secara simbolis dilaksanakan Bupati Konsel Bupati Konsel  H. Surunddin, ST., MM. dipuskesmas Atari Jaya.

Dikatakan Ka Dinkes Prov. Sulawesi Tenggara  Dr. Irma, pengobatan dan pencegahan filariasis telah dilakukan sejak tahun 2009 hingga 2013 dan dilanjutkan hingga 2019. Dibutuhkan lima tahun berturut-turut agar dapat menghilangkan penyakit yang disebabkan karena cacing dari tubuh manusia.

“Obat filariasis diberikan untuk pencegahan dan pengobatan sehingga orang sehat juga harus minum obat itu untuk mencegah penyakit kaki gajah bersarang di tubuhnya. Obat itu diminum sekali dalam setahun, berturut-turut selama lima tahun,” katanya.

222

Menurut dia, obat filariasis yang dibagikan kepada masyarakat berfungsi untuk membunuh segala jenis cacing dari dalam tubuh. Obat tersebut yakni Dietil Carbamazepine (DEC), Albendazol dan Paracetamol yang bisa diperoleh secara gratis di semua puskesmas.

Turut hadir Ka Dinkes Prop. Sulawesi tenggara Dr. Irma, Ka Dinkes Kab. Konsel Wa Dyilaa, M.Kes, Kasi Intel Kajari Konsel Patrik, Camat Kec. Lalembuu. Mulyadi, ST,. Kapolsek Kec. Lalembuu Iptu Habib, Danramil 1417-05/Tng Kapten Inf. I Nyoman Sudarwo.

Pencanangan Pemberian Obat Pencegahan Massal  Penyakit Filariasis/Kaki Gajah yang dilaksanakan Pemda Konsel dengan Dinkes Prov. Sulawesi Tenggara sebagai upaya mewujudkan Indonesia bebas penyakit ini pada 2019.

About kodim1417

Check Also

Pekan Ketiga, Program TMMD Konkep Capai 50 %, Akhir Bulan Target Rampung

Konkep – Memasuki pekan ketiga sejak di mulainya Program TMMD 108 Kodim 1417 Kendari, di …

.