Tentara Manunggal Membangun Desa (TTMD) ke-97 yang ditugaskan untuk operasi bakti TNI di Kabupaten Konawe Kepulauan resmi berakhir, Rabu (19/10/2016). Penutupan tersebut ditutup secara resmi oleh LO TNI AL Kodam VII/Wirabuana Kolonel Laut (P) Suharyono K mewakili Panglima Kodam VII/Wirabuana dalam upacara yang digelar di Pelabuhan Langara, Kecamatan Wawonii Barat, Kabupaten Konawe Kepulauan.

TMMD-97 Konkep, Resmi di Tutup Kolonel (Laut) Suhartono K.

Konkep – Kolonel (Laut) Suhartono K. pejabat LO AL Dam VII/Wrb. bertindak sebagi Irup pada upacara penutupan kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-97 Tahun 2016 yang diselenggarakan oleh KODIM 1417/Kendari  di Desa tumbu – tumbu jaya Kecamatan Wawonii Tengah  (19/10).

Prosesi penutupan ditandai dengan penandatangan dan diserahkannya peralatan pembangunan oleh perwakilan anggota TNI kepada inspektur upacara yang dipimpin Kolonel (Laut) Suhartono K. pejabat LO AL Dam VII/Wrb..

Kegiatan TMMD ini diselenggarakan selama 30 hari, mulai tanggal 20 September hingga 19 september 2016, dengan kegiatan berupa pembangunan fisik dan non fisik.

Dalam sambutannya Kolonel (Laut) Suhartono K. pejabat LO AL Dam VII/Wrb. menyampaikan bahwa Program TNI Manunggal Membangun Desa ini telah dimulai sejak tahun 1980-an dengan sebutan Program ABRI Masuk Desa (AMD). Setelah melalui berbagai evaluasi dan penyempurnaan, program TMMD yang telah berlangsung selama lebih kurang 35 tahun ini, semakin dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. Program TMMD masih sangat dibutuhkan, mengingat sebagian besar wilayah Indonesia merupakan daerah pedesaan, sehingga keterlibatan TNI dalam membangun sarana prasarana dan infrastruktur wilayah masih sangat relevan dan sesuai dengan koridor Undang-Undang.

Pelihara kebersamaan dan semangat gotong royong yang sudah terbina dengan baik serta pelihara hasil program TMMD-97 Konkep ini , agar usia pakainya akan lama dan manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang.” Tegas Pejabat LO AL Dam VII/Wrb

“Keberadaan TMMD ini hendaknya dapat di manfaatkan sebagai sarana dalam meningkatkan kegiatan gotong royong serta kerja sama yang baik.  Selain itu dapat menanamkan kesadaran berbangsa dan bernegara kepada masyarakat” ujarnya.

tup tmmd

Pada kesempatan tersebut Dandim 1417/Kendari Letkol Kav Eko Hermawan Yuniarso, S.I.P selaku dansatgas TMMD-97 Konkep menjelaskan  beberapa laporan hasil kegiatan terkait terlaksananya kegiatan TMMD tersebut, yakni serangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan oleh TNI bersama masyarakat desa diantaranya ialah Pembutan Talud, Pembangunan Dermaga Tunggu, dan Pembangunan Pasar.

” Pekerjaan talud dengan volume 130 meter selesai seratus persen, pekerjaan terminal tunggu pelanuhan dengan volume 7 X 15 meter selesai seratus persen dan pekerjaan pasar desa dengan volume 9 X 15 meter telah selesai seratus persen” ujar Letkol Eko.

Adapun kegiatan non fisiknya ialah Sosialisasi wawasan kebangsaan dan nilai nilai pancasila, sosialisasi pelayanan kesehatan masyarakat,  serta hiburan rakyat yang juga bekerjasama dengan instansi terkait. “ Jelas Dandim 1417/Kendari.

TNI bersama warga telah berbuat maksimal dan proses pengerjaan baik sasaran fisik dan non fisik, semoga fasilitas tersebut dapat bermanfaat untuk kepentingan warga desa wawonii tengah ini, “ Ujar Dansatgas.

Pemerintah daerah Konkep bersama masyarakat berterima kasih kepada Satgas TMMD-97 Konkep, selama 1 bulan penuh telah melaksanakan tugas dengan baik, dalam membangun Infrastruktur sebagai pioner untuk pembangunan konkep selanjutnya. Dalam upacara tersebut, turut hadir Bupati Konkep Ir. H. Amrullah MT, Wakil Bupati Konkep Andi Muh. Lutfi,  SE, para Kadisjan dan Kabalak Korem 143/HO, serta Para Kepala SKPD Kabupaten Konkep.

a3

About kodim1417

Check Also

Pekan Ketiga, Program TMMD Konkep Capai 50 %, Akhir Bulan Target Rampung

Konkep – Memasuki pekan ketiga sejak di mulainya Program TMMD 108 Kodim 1417 Kendari, di …

.