Pendampingan Babinsa Kodim 1417/Kendari, Motivasi petani tingkatkan Hasil pertanian

Konsel – Babinsa Koramil 1417-05/Tinanggea, Serka Bahtiar dan Sertu Isnaedi bersama PPL Desa Telutu jaya Guntur mendampingi Kelompok Tani (Poktan) Bunga Mawar dalam penanaman Kacang tanah di lahan seluas 5 hektare di Desa Telutu jaya Kec Tinanggea. (18/10/2016)

PPL Desa Telutu jaya Guntur menjelaskan Petani Tanam kacang tanah karena cocok  ditanam di dataran rendah dengan ketinggian di bawah 500 M di atas permukaan laut. Tanaman kacang perlu suhu lklim tinggi antara 25 ° C – 32 ° C, sedikit lembab (rH 65% – 75%), curah hujan 800 mm -1300 mm per tahun, terbuka. “ Jelas Guntur

Babinsa Koramil 1417-05/Tinanggea, Serka Bahtiar, menuturkan saat ini petani langsung menanam kacang tanah usai melaksanakan panen padi, sehingga lahan tidak menganggur.

“Untuk meningkatkan produksi pertanian, kita harus terjun ke areal persawahan, ke kebun-kebun bersama rakyat demi terwujudnya swasembada pangan. Keikutsertaan TNI dalam program tersebut untuk mendorong dan memotivasi masyarakat agar lebih giat dalam meningkatkan hasil panen yang dicapai dan taraf hidup kesejahteraan dapat tercapai,” ujar Serka Bahtiar.

055

Sementara itu  Purnomo (43) ketua kelompok tani bunga mawar mengatakan Kacang tanah merupakan salah satu tanaman yang memiliki nilai ekonomi yang sangat tinggi sehingga menguntungkan para petani. “ Ungkapnya.

Menurut dia, Kegiatan para babinsa yang  gencar dilakukan sangat membantu masyarakat dalam melakukan pendampingan, dampaknya petani akan mendapatkan hasil panen yang lebih baik dari sebelumnya.” Katanya

Motivasi dari para petani dan semangat untuk saling koordinasi serta sinergitas antara Dinas pertanian dengan Apkowil dalam hal ini para Babinsa sangatlah penting guna meningkatkan  hasil pertanian yang baik serta berkualitas.

Kegiatan itu dilakukan seluruh Babinsa Kodim 1417/Kendari, terus berupaya mendampingi para petani dalam setiap kegiatan dan proses pemberdayaan lahan pertanian.

About kodim1417

Check Also

Pekan Ketiga, Program TMMD Konkep Capai 50 %, Akhir Bulan Target Rampung

Konkep – Memasuki pekan ketiga sejak di mulainya Program TMMD 108 Kodim 1417 Kendari, di …

.