Dandim 1417/Kendari Semangat, Berikan Sosialisasi Nilai-nilai Pancasila dihadapan 1.000 orang.

Kendari - Pancasila adalah Dasar Negara kita, merupakan landasan Ideologi yang mampu memberikan pondasi yang kokoh kepada masyarakat Indonesia.

Seiring dengan perkembangan kemajuan zaman, dapat kita lihat kondisi Indonesia seperti saat ini dengan timbulnya berbagai oknum yang tidak bertanggung jawab yang meresahkan masyarakat seperti terorisme dan korupsi diakibatkan lemahnya pendidikan serta pemahaman akan nilai-nilai pancasila.

Sedikitnya kurang lebih 1.000 orang dari berbagai lapisan komponen masyarakat , Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Ormas dan Pelajar, menerima sosialisasi “ Nilai-nilai Pancasila” yang digelar Kodim 1417/Kendari, di aula Makodim. Jumat (30/09/2016).

Kolonel Laut Suharyono Kartawijaya SH (LO AL Dam VII/Wrb) membuka acara kegiatan Sosialisasi Nilai-nilai Pancasila di Makodim 1417/Kendari.
Kolonel Laut Suharyono Kartawijaya SH (LO AL Dam VII/Wrb) membuka acara kegiatan Sosialisasi Nilai-nilai Pancasila di Makodim 1417/Kendari.

Turut hadir Kolonel Laut Suharyono Kartawijaya SH (LO AL Dam VII/Wrb), Muhammad Hazairin SH, didampingi Dandim 1417/Kendari Letkol Kav Eko Hermawan Yuniarso S.I.P, Kasdim Mayor Inf Petrus Hahekaya, Para Pabung, Perwira Staf, dan Danramil jajaran Kodim 1417/Kendari.

Kolonel Laut Suharyono Kartawijaya SH (LO AL Dam VII/Wrb) dalam sambutannya menyampaikan “ Kegiatan ini meningkatkan tali silaturahmi diantara komponen bangsa sekaligus mempererat kerja sama dan kebersamaan guna menyatukan pandangan didalam menjaga kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara, Tutur Perwira LO AL Dam VII/Wrb.

Mengawali sosialisasi Dandim menimbulkan semangat para peserta sosialisasi dengan Yel-yel .

Dandim 1417/Kendari Letkol Kav Eko Hermawan Yuniarso S.I.P, sebagai pemateri dalam arahannya dihadapan 1.000 orang dari berbagai komponen mengatakan “Sosialisasi nilai-nilai pancasila sebagai bentuk penyegaran dan menguatkan pemahaman tentang pancasila kepada para generasi muda dan seluruh elemen masyarakat khusunya diwilayah Kendari.

“ Diera Modern sekarang generasi muda rentang dengan pengaruh Dampak negatif  media elektronik seperti  Masuknya budaya-budaya luar yang telah mengaburkan budaya bangsa kita yang santun, ramah, gotong royong, sederhana, saling menghormati, toleransi dan menjaga persatuan dan kesatuan sesama elemen bangsa.” Tuturnya.

“ Masuknya paham-paham radikal yang mengatasnamakan agama tertentu dan telah mengaburkan pandangan terhadap Nasionalisme dengan melakukan kegiatan-kegiatan teror seperti bom bunuh diri, pemboman tempat-tempat umum dan tempat-tempat ibadah yang meresahkan masyarakat.

.“ Kita boleh ikuti perkembangan teknologi yang modern, tapi jangan terpengaruh akan budaya luar yang dapat memecah belah persatuan dan kesatuan, “ Pungkas Dandim.

Sementara itu Muhammad Hazairin SH, menegaskan perkembangan internet membawa dampak yang positif dan negatif   bagi anak-anak sehingga perlu filter dan bimbingan dari orang tua sehingga tidak mudah terpengaruh dengan dampak negatif media sosial.

Sosialisasi  yang disusupkan melalui internet yang dilakukan Teroris, Isis, dan gerakan Radikal serta bahaya laten Komunis  dapat membahayakan para generasi muda sehingga perlu filter dan pemahaman akan nilai-nilai pencasila dan wawasan kebangsaan . “ Jelasnya.

Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa telah dapat menjadi alat pemersatu dari berbagai macam suku, adat, budaya, agama, etnis dan sekaligus sebagai ruh didalam memberikan tuntunan tentang cara pandang sikap dan tingkah laku bangsa Indonesia dalam melakukan hubungan sosial sesama masyarakat dan juga menjadi sumber dari segala sumber hukum yang mengatur warga negara dalam kehidupan sehari-hari sekaligus sebagai benteng yang kokoh didalam menghadapi setiap ancaman maupun rongrongan terhadap eksistensi dan kedaulatan bangsa Indonesia.

Kegiatan sosialisasi berakhir setelah sesi tanya jawab peserta sosialisasi dengan pemateri dan pembacaan sambutan Pangdam VII/Wrb penutupan rangkaian Sosialisasi Nilai-nilai Pancasila yang dibacakan Kolonel Laut Suharyono Kartawijaya SH.MH.

Sedikitnya kurang lebih 1.000 orang dari berbagai lapisan komponen masyarakat , Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Ormas dan Pelajar, menerima sosialisasi “ Nilai-nilai Pancasila” yang digelar kodim 1417/Kendari, di aula Makodim.
Sedikitnya kurang lebih 1.000 orang dari berbagai lapisan komponen masyarakat , Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat, Tokoh Agama, Ormas dan Pelajar, menerima sosialisasi “ Nilai-nilai Pancasila” yang digelar Kodim 1417/Kendari, di aula Makodim.

About kodim1417

.