Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1417/Kendari dibekali materi Kompas oleh Pamong Saka Kak Darman, Kak Marida, Kak Merly dan Kak Fadli.

Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1417/Kendari, Belajar Kompas

Kodim 1417/Kendari – Kompas adalah alat yang umumnya digunakan oleh militer dan pramuka  untuk menentukan atau  menunjukkan arah yang bekerja berdasarkan gaya medan magnet.

Puluhan anggota Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1417/Kendari sore hari mengadakan kegiatan latihan yang dipandu oleh Pamong Saka Wira Kartika (Kak Darman dan di bantu oleh Kak Marida, Kak Agus, Kak Padli). Rabu  (7/9/ 2016).

Materi  Kompas Siang dan Kompas malam diberikan oleh kak Darman kepada anggota  Saka Wira Kartika di lapangan Upacara Makodim 1417/Kendari Jln.Samratulang No.128 Kemaraya-Kota Kendari.

“ Suatu cara yang digunakan untuk menentukan arah/menuju sasaran yang telah di tentukan pada siang hari merupakan pengertian Kompas  Siang adalah. Jelas Kak Darman.

“ Selain perlu diperhatikan langkah-langkah penggunaan kompas siang dimulai dari  Buka tutup kompas hingga berdiri tegak, Letakkan/angkat prisma ke atas kaca kompas, Masukan ibu jari ke dalam cincin kompas dan luruskan telujuk ke depan sehingga rapat pada bagian tutup kompas dengan maksud agar pada waktu kompas dibidikkan tidak bergerak, Dari tiang bidikan kedua kaki rapat/sikap sempurna dan menghadap penuh ke sasaran, Bawa kompas ke depan mata dan langsung membidik, mata yang tidak membidik dipejamkan, Lihat standar melalui prisma, Luruskan garis rambut pada tutup kompas dengan sasaran, Baca garis-garis/angka derajat dalam kompas melalui prisma yang sejajar dengan garis rambut pada kaca kompas dan sasaran, Itulah sudut yang di maksud.” Pungkas Darman.

Dengan penuh antusias anggota Saka wira Kartika Kodim 1417/Kendari, menerima materi kompas dari pamong saka.
Dengan penuh antusias anggota Saka wira Kartika Kodim 1417/Kendari, menerima materi kompas dari pamong saka.

Usai Kak Darman menjelaskan materi Kompas Siang, anggota Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1417/Kendari satu persatu bergantian mempraktekkan materi tersebut.

Lebih lanjut Kak Darman menjelaskan “ Kompas malam adalah suatu cara yang di gunakan untuk menentukan arah/menuju sasaran yang telah ditentukan yang dilaksakan pada malam hari dengan Langkah-langkah penggunaan kompas pada malam hari sebagai berikut : Buka tutup kompas hingga rata, Kendorkan sekrup pengapit, Putar kaca kompas sesuai sudut yang dikehendaki, Kencangkan sekrup pengapit, Kompas dibawa ke depan dada, Putar badan dan kompas sehingga jarum kompas yang bercahaya berhimpit dengan tanda baca yang  bercahaya, Garis rambut dan tanda baca yang bercahaya menunjukkan arah kompas. “ Ungkap Pamong Saka.

Firman salah satu anggota Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1417/Kendari menuturkan “ Materi Kompas ini sangat berguna bagi kami untuk menentukan arah, Ungkapnya.

Dengan penuh antusias para anggota Pramuka Saka Wira Kartika Kodim 1417/Kendari, tanpa mengenal lelah berusaha mencoba dan mempraktekkan materi demi materi yang disampaikan pamong saka sebagai bekal untuk aplikasi dilapangan nantinya.

About kodim1417

Check Also

Kegiatan Donor Darah Kodim 1417/Kendari Bersama PMI sultra

Kendari- Dalam rangka memperingati HUT RI ke-75 Tahun 2020, Kodim 1417/ Kendari menggelar bakti sosial …

.