Senin (5/9/2016) Babinsa Koramil 1417-04 Lainea Serda I Made Agus terapkan Metode tanpa olah tanah (TOT) pada petani di Desa Sawa Kec. Kolono, Kab. Konsel

Lebih Praktis, Tanam Kedelai tanpa olah tanah (TOT).

Kodim 1417/Kendari – Salah satu metode tanam kedelai  dilaksanakan Babinsa Koramil 1417-04 Lainea Serda I Made Agus didesa binaannya Lerepako Kec Laeya, Kab. Konsel bersama petani yaitu menerapkan metode tanpa olah tanah (TOT). Senin (5/9/2016)

Menurut Babinsa Koramil 1417-04 Lainea ini menyatakan “ Metode tanpa olah tanah (TOT) sangat praktis karna cara penanamannya  tanpa perlakuan persiapan lahan seperti pembalikan dan penggemburan tanah terlebih dahulu, hanya diperlukan tongkat membuat lubang ditanah tempat benih ditanam” Ungkapnya.

“ Hal ini dilakukan mengingat kondisi tanah yang masih gembur usai melaksanakan panen padi, dan yg terpenting jangan biarkan lahan menganggur.” Pungkas Babinsa Lainea Tersebut.

Petani tanam jagung dengan metode tanam tanpa olah tanah
Petani tanam jagung dengan metode tanam tanpa olah tanah

Tanah yang keras tidak bisa menerapkan metode tanpa olah tanah, sehingga metode tanpa olah tanah (TOT) hanya cocok diterapkan di lahan sawah, bekas tanaman padi yang telah selesai di panen.

Bisa juga diterapkan di sawah tadah hujan maupun sawah beririgasi teknis yang ingin menerapkan rotasi tanaman.

Suparman salah satu petani menjelaskan kenapa dia memilih metode tanpa olah tanah seperti yang diarahkan Babinsa.

“Metode tanpa olah tanah memiliki kelebihan, menghemat ongkos tenaga kerja, serta menghindari kerusakan tanah karena tanah yang terlalu sering dibalik dan digemburkan akan mengalami pengerasan dalam jangka panjang. “ Jelasnya.

Cara ini sangat sesuai dikembangkan untuk memanfaatkan sisa ketersediaan air tanah pada saat panen padi. Pada lahan sawah di bawah lapisan olah terdapat lapisan berkadar besi dan mangan yang tinggi sehingga persediaan air tanah terbatas pada lapisan atas saja.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedelai yang ditanam sawah dengan cara TOT lebih baik dibanding dengan cara pengolahan tanah karena pada pengolahan tanah air menguap lebih cepat sehingga persediaan air tanah tidak mencukupi untuk pertumbuhan tanaman

About kodim1417

Check Also

Kegiatan Donor Darah Kodim 1417/Kendari Bersama PMI sultra

Kendari- Dalam rangka memperingati HUT RI ke-75 Tahun 2020, Kodim 1417/ Kendari menggelar bakti sosial …

.