BABINSA PRIHATIN, Sawah petani binaannya terancam kekurangan pasokan air

KENDARI- Puluhan hektare sawah petani di Desa Langgea Kecamatan Baruga - Kendari mengalami kekeringan akibat kurangnya debet air. Jum’at (2/9/16).

“Saya prihatin dengan tanaman padi sawah binaan saya yang kini tengah tumbuh namun terancam tidak berkembang karena debit air mulai turun drastis mencapai sekitar 40 persen,” kata Daud Babinsa 47 Tahun ini.

Para petani binaan saya benar-benar cemas, karena menurunnya debit air yang mengakibatkan sawah mereka kekurangan air. Sawah petani yang letaknya paling ujung lokasi persawahan mulai tidak mendapatkan pasokan air debit air mulai berkurang,” katanya.
Para Petani  daut2sempat menyampaikan ke Ketua kelompok tani mereka terkait tidak lagi mendapat pasokan air ke sawah mereka dan mencari solusi.

Sebagai solusi sementara, para petani sawah sepakat agar menghemat air dan bergotong royong pendistribusian air ke setiap sawah petani secara bergantian.

Jadi ditetapkan jadwal secara bergilir pada hari tertentu dalam sepekan atau dua pekan air disedot secara bertahap sehingga semua pematang sawah bisa diairi secara merata.

Babinsa sebagai pendamping para petani berharap ada perhatian dari pemerintah Kabupaten dan Provinsi agar dapat menyelamatkan tanaman padi sawah petani yang saat kekurangan air dapat terselamatkan.

About kodim1417

Check Also

Kegiatan Donor Darah Kodim 1417/Kendari Bersama PMI sultra

Kendari- Dalam rangka memperingati HUT RI ke-75 Tahun 2020, Kodim 1417/ Kendari menggelar bakti sosial …

.