Babinsa 1417-04/Lainea Serda Mustamin : Pupuk Npk Lebih Praktis Dan Efektif Untuk Tanaman

Kodim 1417/Kendari –  Pupuk Npk Phonska merupakan pupuk majemuk yang terbuat dari beberapa unsur hara yamg memiliki peran dan fungsi yang berbeda, yang dibutuhkan oleh Tanaman seperti tanaman padi.

Salah satu jenis pupuk ini disubsidi dan dibagikan pemerintah seperti halnya salah satu kelompok tani didesa lainea mendapatkan bantuan pupuk dari pemerintah yang telah didistribusikan melalui Babinsa Koramil 1417-04/Lainea untuk meningkatkan produksi pertanian dalam menunjang swasembada pangan.

Babinsa Koramil 1417-04/Lainea Serda Mustamin bersama PPL Kabupaten Konsel siang itu melaksanakan pendampingan terhadap petani penggunaan pupuk NPK Phonska di Desa Lainea Kecamatan Lainea Kab Konsel. Kamis (1/9/2016)

Pupuk Npk Phonska ini Hanya dengan sekali memupuk, tanaman mendapatkan tiga unsur hara sekaligus, Pupuk majemuk ini ternyata juga lebih menguntungkan ketimbang memakai campuran urea, TSP, dan KCl.” Ungkap Mustamin.

bbb

Selain merepotkan, mencampur pupuk sendiri bukanlah pekerjaan gampang. “Salah campur” malah akan menghasilkan pupuk majemuk yang tidak berguna karena unsur-unsurnya saling bereaksi. Bila hal ini terjadi, unsur hara akan saling terikat kuat atau malah lepas ke udara. Kedua hal ini akan berakibat sama,tanaman tidak dapat dimanfaatkannya. “ Pungkas Babinsa 1417-04 Lainea ini.

Pertimbangan lain, pupuk campuran sendiri kebanyakan tidak bisa disimpan lama. Sebab, urea yang sering dipakai sebagai sumber nitrogen bersifat sangat higroskopis. Campuran pupuk tersebut dipastikan akan cepat menggumpal dan memadat. Selain menjadi sulit ditaburkan, dosis yang tepat juga sulit ditetapkan. Jika urea diganti dengan ZA, sumber nitrogen lain yang tidak higroskopis, reaksi tanah malah berubah menjadi masam. Tanah semacam ini jelas bukan termasuk golongan tanah ideal untuk bertanam.

About kodim1417

Check Also

Kegiatan Donor Darah Kodim 1417/Kendari Bersama PMI sultra

Kendari- Dalam rangka memperingati HUT RI ke-75 Tahun 2020, Kodim 1417/ Kendari menggelar bakti sosial …

.