Tractor 4 Roda Lebih Cepat Dan Efesien Dongkrak Percepatan Tanam Pajale

Kodim 1417/Kendari – Berbagai upaya untuk mendukung percepatan tanam telah dilakukan termasuk mendorong petani dengan dukungan aparat Babinsa dan PPL turun disawah, Sertu Syafrudin mendampingi petani didesa Kasaeda Kec. Uepai dengan menurunkan alat pertanian tractor 4 roda guna membantu mengolah lahan untuk percepatan tanam. Selasa (30/8).

Tractor 4 Roda merupakan teknologi yang selama ini penggunaan traktor hanya di perkebunan, Akan tetapi sekarang bisa digunakan di sawah, yang memang didesain khusus untuk pengoperasian di lahan sawah dan kebun.

Tractor ini sangat cocok di lahan sawah skala menengah luas dan datar, memungkinkan minim tenaga kerja sehingga dapat digunakan di lahan kering atau tadah hujan, seperti untuk tanaman Pajale.

“ Banyak Keuntungan yang diperoleh petani dengan menggunakan Traktor Kubota, seperti yang dialami petani didesa Kasaeda Kec. Uepai, menggunakan traktor 4 roda Kubota selain dapat membajak sawah dengan lebih cepat, juga dapat menyuburkan lahan sehingga sangat membantu dan mendongkrak percepatan tanam”, Ungkap Sertu Syafrudin.

1

“ Selain itu Traktor 4 Roda tidak mudah terbenam atau selip saat digunakan di sawah sehingga ideal untuk operasi menggunakan pengolah rotary. Traktor 4 roda efisien dalam penyiapan lahan, karena mampu melakukan proses pembajakan, penggaruan dan perataan sekaligus, dibandingkan menggunakan traktor tangan yang harus melalui tiga tahap tersebut, dengan 3 alat yang berbeda. Alat pengolah rotary tiller Kubota mempunyai pisau berbentuk sabit, ” Tutur Babinsa 1417-03 Lambuya tsb.

Tractor 4 Roda bantuan dari Kementan ini sangat membantu para petani khususnya dalam rangka percepatan tanam, selain pembajakan dan penghalusan tanah yang efisien. Hasil akhir tanah lebih halus terolah, sisa tanaman padi hancur dan tercampur dengan tanah yang membuat tanah menjadi lebih kaya nutrisi.

About kodim1417

.