Pakaian Adat Kerajaan Konawe, Ikut Kirab Di Istana Negara

Kodim 1417/Kendari – Dalam rangka memeriahkan peringatan HUT RI ke-71 tahun 2016, Kodim 1417/Kendari mengirimkan perwakilan personel membawa Bendera dan Pakaian Adat Kesultanan Konawe ke Istana Merdeka Jakarta. (17/8) .

Perwakilan dari Kerajaan/Kesultanan yang pernah berdiri di Nusantara yang dikirim pada Upacara 17 Agustus di Istana Negara dibawakan langsung oleh generasi pewaris Kesultanan dengan membawa panji-panji, Kesultanan Konawe yang diwakili Serda Gondong Afandi (Babinsa Koramil 1417-02/Wawotobi).

a1

Kerajaan Konawe berdiri sejak abad V dan Raja I adalah Tanggolwuta (1982 : 138 ) dimana Sebelumnya sudah ada kerajaan kecil yaitu : Kerajaan Wawolesea, Kerajaan Besulutu dan Kerajaan Padangguni.

Dari beberapa sumber informan maupun penulis sejarah lokal Sulawesi Tenggara (H. Surabaya, Prof. Eddy Mokodompit, Johan Mekuo, Muslimin Suud, B. Burhanuddin) mengemukakan bahwa Wekoila adalah Raja I di Kerajaan Konawe.

Dalam kirab panji dan pakaian adat Kerajaan/Kesultanan, selain perwakilan dari Kodim 1417/Kendari yang diwakili oleh Kesultanan Konawe juga dihadiri oleh seluruh perwakilan Kerajaan/Kesultanan yang ada di seluruh Indonesia.

About kodim1417

Check Also

Kegiatan Donor Darah Kodim 1417/Kendari Bersama PMI sultra

Kendari- Dalam rangka memperingati HUT RI ke-75 Tahun 2020, Kodim 1417/ Kendari menggelar bakti sosial …

.