Babinsa Kodim 1417/Kendari Test Drive Tractor 4 Roda Kubota L4400

Kodimkendari.mil.id  Pembekalan tentang tata cara pengoperasian mesin traktor 4 Roda Kubota L4400 yang di berikan kepada para babinsa Kodim 1417/Kendari oleh Instruktur PT Bina Pertiwi pada Rabu 15/06/2016 dapat diserap dengan baik oleh para Peserta pelatihan.

Instruktur Bapak Rendy setelah selesai pembekalan pada para peserta latihan memberikan kesempatan pada peserta latihan untuk mencoba mengemudikan mesin traktor 4 Roda Kubota L4400 (Test Drive).

Babinsa Koramil 1417-04/Lainea (Serda Mustamin) mencoba test drive yang mempunyai pengalaman mengemudikan mobil, Menurut dia hampir sama dasarnya dengan mengemudikan mobil biasa namun ada hal tertentu yang perlu diperhatikan pada saat mengoperasikan Traktor Roda Empat ini seperti Pada saat accu lemah, sebelum memutar kunci kontak ke kanan, ke posisi “START”, tarik tuas dekompresi, sehingga putaran motor lebih ringan. Setelah motor berputar dengan cepat selama 3– 5 detik, doronglah tombol dekompresi, untuk menghasilkan tekanan kembali, Bila motor tidak hidup selama 10 detik putarlah kunci kontak pada posisi “ON” kembali, Tunggu sekitar 20 detik untuk mendinginkan motor stater, Ulangi langkah menghidupkan,  Melakukan stater yang terlalu lama akan merusak motor stater.Biarkan motor berputar tanpa beban (idle) selama beberap saat. Jangan memberikan beban berat begitu motor hidup.

c

Selain itu Serda Mustamin juga menjelaskan tentang tahap-tahap  menjalankan  mesin traktor yaitu :  – Naik ke traktor dengan posisi maju, karena sekalian melihat bagian pengendali  Hati-hati tidak boleh menyentuh bagian pengendali baik tangan maupun kaki, – Duduklah yang baik di tempat duduk, karena seluruh anggota badan, diperlukan untuk mengendalikan traktor, – Semua saklar diposisikan “OFF”, untuk menghemat strom accu pada saat kunci kontak pada posisi “ON” , – Semua tuas dan pedal netral  Sehingga pada saat traktor dihidupkan, seluruh peralatan traktor tidak berjalan, – Masukkan kunci kontak dan putar ke kanan ke arah “ON”, -  Lihat  apakah lampu indikator pengisian accu dan indikator sirkulasi oli pelumas menyala, – Putar kunci kontak ke kanan ke arah “PREHEAT” selama kurang lebih 10 – 20 detik. Atau sampai Lampu penunjuk tekanan oli Lampu penunjuk temperatur air Lampu penunjuk pengisian Lampu penunjuk saringan oli hidrolik Mengoperasikan Traktor Roda Empat 28 indikator pemanas mesin berpijar, sebagai tanda ruang pembakaran sudah cukup panas. Dengan panasnya ruang pembakaran, akan mempermudah terjadinya proses pembakaran, – Injak penuh pedal kopling, untuk menjaga agar traktor tidak berjalan pada saat distater, Geser tuas gas pada posisi “START” atau gas tinggi, – Putar kunci kontak ke kanan penuh ke arah “START”, sehingga motor stater akan memutar motor penggerak, – Setelah motor hidup, segera lepaskan kunci kontak, sehingga kunci kontak secara otomatis kembali ke posisi “ON”. Untuk mematikan motor stater, – Setelah motor hidup, lampu indikator pengisian accu dan indikator sirkulasi oli pelumas mati, – Kecilkan posisi gas ke idle, – dan Lepaskan pedal kopling pelan-pelan Termostart Posisi Kecepatan penuh Berhenti Kecepatan sedang.

1Pelaksanaan Test Drive dilaksanakan oleh beberapa orang personel babinsa dan perwakilan Kelompok tani Instruktur merasa senang para peserta pelatihan pengoperasian mesin Traktor Kubota L4400 mengikuti dengan penuh antusias.

About kodim1417

Check Also

Kegiatan Donor Darah Kodim 1417/Kendari Bersama PMI sultra

Kendari- Dalam rangka memperingati HUT RI ke-75 Tahun 2020, Kodim 1417/ Kendari menggelar bakti sosial …

.