Ujuk rasa pedagang di pasar basah Mall Mandonga menolak kenaikan sewa kios

a4KENDARI- Senin (25/4/16) pukul 09.15 wita Terjadi unjuk rasa oleh Asosiasi pedagang di pasar basah mall Mandonga kelurahan Korumba Kecamatan Mandonga. yang berjumlah sekitar 300 orang. Berdasarkan keterangan Babinsa Koramil 1417-10/Kota dan Satuan Intelejen Kodim Kendari Unjuk rasa berawal dari kenaikan sewa kios oleh pengelolah pasar basah Mall Mandonga. Sehingga secara spontan terjadinya unjuk rasa oleh pedagang di pasar basah mall Mandonga.

a2Dalam orasi para pedagang menolak kenaikan sewa kios oleh pengelola pasar, Hal tersebut disampaikan oleh Kordinator Unras (Sdr. Wahyu dan H. Jufri). Karna tidak mendapat tanggapan oleh pengelolah pasar, Kemudian Unjuk rasa Asosiasi pedagang di pasar basah mall Mandonga berlanjut ke Kantor Walikota Kendari. Bapak Walikota Kendari (Dr.Ir.H.Asrun,M.Eng.Sc) menerima perwakilan dari Asosiasi pedagang di pasar basah mall Mandonga bertempat di ruang rapat walikota kendari. Pertemuan antara Bpk.Walikota Kendari,perwakilan pedagang pasar mall dengan melakukan negosiasi perwakilan Asosiasi pedagang di pasar basah mall Mandonga.

Adapun tuntutan yang disampaikan Asosiasi pedagang tersebut antara lain:

- Manajemen pasar mall basah Tidak dengan sewenang-wenang menaikkan tarip sewa pasar yang mencapai 100 persen,

-Menaikan tarip listrik dalam pasar,

-Melakukan pembenahan pasar yg semakin semerawut dan lain lain.

a1Dalam rapat antara Bpk.Walikota Kendari, Perwakilan pedagang pasar mall basah mandonga dan pihak pengelola pasar mall basah dengan menghasilkan keputusan sbb:

  1. Pemerintah Kota Kendari mengambil alih pengelolaan pasar mall basah mandonga dari pihak pengelola yg jangka masa kontraknya 8 tahun dari 20 tahun masa kontraknya.
  2. Pemerintah Kota Kendari akan membayar sisa masa kontrak ke pengelola pasar sebelumnya.
  3. Para pedagang mall basah akan kembali melakukan aktivitas di pasar semua peraturan dari pengelola pasar sebelumnya tidak berlaku lagi.

Setelah mendapatkan penjelasan dari Bpk Walikota Kendari para pedagang pasar mall basah menerima keputusan tersebut dengan suka cita dan membubarkan diri dengan tertib.

About kodim1417

.